Terisolasi dan tidak berpengalaman: Potret hakim yang mengawasi kasus

Terisolasi dan tidak berpengalaman: Potret hakim yang mengawasi kasus dokumen Trump dari para veteran di ruang sidangnya

Hakim Aileen Cannon baru menjabat sebagai hakim federal selama kurang lebih satu tahun ketika seorang hakim senior menawarkan untuk memimpin salah satu persidangan pidana pertamanya di gedung pengadilannya yang terpencil di Florida selatan.

“Ini sangat sepi,” kata Hakim Senior Paul C. Huck kepada CNN di Fort Pierce. Komunitas nelayan kecil dan jeruk di tepi. Distrik Selatan Florida di mana Cannon menjadi satu-satunya hakim federal. “Ini adalah kota yang cukup sepi dengan ruang sidang yang cukup sepi.”

Huck akhirnya memimpin persidangan pidana pada bulan Maret 2022 – bukan karena Cannon membutuhkan bantuan, katanya. Tetapi karena dia senang menjadi sukarelawan untuk persidangan di pengadilan di seluruh Florida.

“Saya pikir saya akan pergi ke sana dan menghabiskan waktu bersamanya dan mengenalnya lebih baik,” kata Huck tentang Cannon. Yang dia ingat sebagai “sangat cerdas” dan “sangat menarik.”

Dua tahun kemudian, Cannon kini memimpin salah satu kasus paling penting dan kompleks di Amerika: tuntutan pidana terhadap mantan presiden Donald Trump atas penanganannya terhadap rahasia negara. Dan dia menarik perhatian nasional atas cara dia menangani kasus ini.

Terisolasi dan tidak berpengalaman: Potret hakim yang mengawasi kasus

Terisolasi dan tidak berpengalaman: Potret hakim yang mengawasi kasus

Sejak Trump pertama kali didakwa setahun yang lalu. Cannon telah menunda proses persidangan dengan cara yang membingungkan para pakar hukum dan menunda persidangan yang awalnya dijadwalkan akan dimulai bulan lalu tanpa batas waktu. Mereka juga mengatakan kurangnya pengalaman Cannon dalam persidangan, baik sebagai pengacara maupun hakim, terlihat jelas.

Beberapa pengacara yang pernah berpraktik di depan Cannon – dan berbicara kepada CNN untuk cerita ini – menyebut keterasingannya sebagai salah satu penjelasan atas perilakunya. Jabatan Cannon di gedung pengadilan Fort Pierce. Yang jarang menampilkan tindakan penting. Menghalanginya dari interaksi informal sehari-hari dengan hakim yang lebih berpengalaman yang duduk di gedung pengadilan lain dan dapat menawarkan nasihatnya, kata para pengacara kepada CNN .

Mereka juga mengatakan kurangnya pengalaman Cannon dalam persidangan, baik sebagai pengacara maupun hakim, terlihat jelas. Dalam tujuh tahun sebagai pengacara Departemen Kehakiman. Cannon hanya berpartisipasi dalam tim persidangan empat kasus pidana.   Dan di bangku cadangan, dia hanya memimpin beberapa persidangan pidana – dan Huck mengambil alih salah satunya.

Mengenai sikap yudisial Cannon ini, CNN berbicara dengan sepuluh pengacara yang pernah menangani kasus – baik pidana maupun perdata – di hadapannya. Para pengacara tersebut berbicara kepada. CNN dengan syarat anonimitas karena risiko profesional dan etika berbicara kepada pers tentang hakim federal yang sedang menjabat di hadapan mereka.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *