Warga Meksiko yang memberikan suara dalam pemilu bersejarah

Warga Meksiko yang memberikan suara dalam pemilu bersejarah di perkirakan akan memilih presiden perempuan pertama

Warga Meksiko menuju tempat pemungutan suara pada hari Minggu untuk memberikan suara dalam pemilu bersejarah, yang di bayangi oleh kekerasan. Yang di perkirakan akan menghasilkan kembali presiden perempuan pertama di negara tersebut.

Dua calon presiden utama adalah perempuan: Claudia Sheinbaum dari partai sayap kiri Morena dan Xochitl Gálvez, dari partai konservatif PAN, yang mewakili koalisi partai oposisi.

Kandidat ketiga adalah Jorge Álvarez Máynez, yang termuda dalam pencalonan. Yang mewakili Gerakan Warga yang berhaluan kiri-tengah.

Pemungutan suara pada hari Minggu adalah pemilu terbesar dalam sejarah negara tersebut. Lebih dari 98 juta pemilih terdaftar untuk memberikan suara di Meksiko. Dan 1,4 juta warga Meksiko berhak memilih di luar negeri. Lebih dari 20.000 posisi akan di isi dan sekitar 70.000 kandidat bersaing untuk menjadi senator, wali kota, dan gubernur.
Kekerasan tampak besar dalam pemilu kali ini, yang merupakan pemilu paling berdarah dalam sejarah Meksiko. Lusinan kandidat dan kandidat politik telah di bunuh oleh organisasi kriminal yang mencoba mempengaruhi mereka yang hendak berkuasa.

Meskipun pemungutan suara sebagian besar berlangsung damai pada hari Minggu, namun pemungutan suara di tangguhkan di kota Coyomeapan di Meksiko tenggara karena kekerasan di tempat pemungutan suara pada pagi hari, menurut otoritas pemilihan negara bagian.

Warga Meksiko yang memberikan suara dalam pemilu bersejarah

Warga Meksiko yang memberikan suara dalam pemilu bersejarah

Jajak pendapat ini dipandang oleh sebagian orang sebagai referendum mengenai kebijakan Presiden Andrés Manuel López Obrador – mentor Sheinbaum yang kesejahteraan sosialnya membantu masyarakat miskin Meksiko, namun dengan kebijakan “pelukan. Bukan peluru” yang tidak menghadapi kartel tidak menghasilkan penurunan yang signifikan. dalam jumlah pembunuhan.

Dia menyapa para pendukungnya saat dia memberikan suara pada hari Minggu. Sementara itu, ketika Sheinbaum hendak memberikan suaranyaa. Dia menyerukan agar warga Meksiko memilih, dan mengatakan kepada wartawan: “Ini adalah hari bersejarah. Saya merasa sangat bahagia.” Gálvez mengatakan kepada wartawan di tempat pemungutan suara bahwa dia memperkirakan hari ini akan menjadi hari yang panjang dan sangat dekat.

Tempat pemungutan suara di buka pada pukul 8 pagi waktu setempat dan akan di tutup pada pukul 6 sore, menurut National Electoral Institute (INE) Meksiko.

Namun, pada hari Minggu, beberapa TPS di beberapa wilayah negara itu di buka dengan penundaan. Antrean panjang terlihat di Mexico City, Yucatán, Tuxtla, Cuauhtémoc, dan pusat pemungutan suara di luar negeri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *