Menembak Perdana Menteri Slovakia Fico berkali-kali

Menembak Perdana Menteri Slovakia Fico berkali-kali. Perdana Menteri Slovakia Fico menembak berkali-kali dalam serangan yang ‘bermotif politik’

Perdana Menteri Slovakia Robert Fico di rawat di rumah sakit pada hari Rabu setelah dia di tembak lima kali dalam upaya pembunuhan yang mengejutkan negara tersebut.

Serangan itu terjadi setelah pertemuan pemerintah di luar lokasi di kota Handlova, Slovakia tengah. Pria yang di duga bersenjata itu berada di antara kerumunan kecil orang yang menunggu untuk menyambut perdana menteri di jalan di luar pusat kebudayaan, tempat pertemuan itu berlangsung, media lokal melaporkan.

Rekaman dari tempat kejadian menunjukkan perdana menteri yang terluka di masukkan ke dalam kendaraan oleh stafnya. Sebelum kendaraan itu membawanya pergi ke dalam. Fico di bawa ke rumah sakit setempat dan kemudian di pindahkan dengan helikopter ke pusat trauma besar sekitar 20 mil (30 kilometer) jauhnya di Banska Bystrica. Tidak ada orang lain yang terluka dalam serangan itu, kata para pejabat.

Menteri Pertahanan Robert Kaliňák dan Menteri Dalam Negeri Matúš Šutaj Eštok menyebut penembakan tersebut “bermotif politik.” Dan Šutaj Eštok mengatakan bahwa “tersangka mengambil keputusan untuk melakukan penembakan tersebut tidak lama setelah pemilihan presiden.”

Wakil Perdana Menteri Slovakia Tomáš Taraba mengatakan dia yakin perdana menteri akan selamat setelah operasi yang “berjalan dengan baik” dan “tidak berada dalam situasi yang mengancam jiwa saat ini.”

“Saya sangat terkejut dan mencoba menghubungi orang-orang untuk mengetahui seberapa serius kondisinya.” Kata Taraba dalam wawancara dengan program Newshour BBC pada hari Rabu, mengenang saat dia mendengar tentang penembakan Fico.

Taraba mengatakan kepada BBC bahwa Fico “terluka parah” dan sebuah peluru “menembus perut dan peluru kedua mengenai persendian.”

Menembak Perdana Menteri Slovakia Fico berkali-kali

Fico adalah anggota parlemen paling berkuasa di Slovakia. Berbeda dengan presiden, yang perannya terbatas, perdana menteri memegang jabatan sebagai kepala pemerintahan yang mengambil keputusan.
Pernyataan resmi yang di posting di Facebook resmi Fico mengatakan PM di bawa ke Banska Bystrica alih-alih ibu kota Bratislava karena di perlukan “intervensi akut”. Terlihat terguncang dan kesulitan berkata-kata pada beberapa momen selama konferensi pers.

Presiden Slovakia Zuzana Čaputová mengatakan tersangka pria bersenjata telah ditahan oleh polisi. Dia mengatakan lembaga penegak hukum akan merilis lebih banyak informasi bila mereka bisa dan meminta masyarakat untuk tidak menyebarkan rumor yang belum di konfirmasi. Terlihat terguncang dan kesulitan berkata-kata pada beberapa momen selama konferensi pers.

Menteri Pertahanan dan Menteri Dalam Negeri Slovakia menyalahkan meningkatnya ujaran kebencian dan perpecahan atas suasana politik di negara tersebut. Yang menurut mereka menyebabkan upaya pembunuhan tersebut.

Berbicara kepada wartawan di depan rumah sakit tempat Fico di rawat. Menteri Pertahanan Kaliňák berkata: “Kebencian bukanlah jawaban terhadap kebencian.” Terlihat terguncang dan kesulitan berkata-kata pada beberapa momen selama konferensi pers. Kaliňák mengatakan ini adalah “waktunya bagi sebagian orang untuk melihat ke cermin.”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *