Putin mengganti menteri pertahanan Rusia

Putin mengganti menteri pertahanan Rusia . Putin mengganti menteri pertahanan Rusia dengan seorang warga sipil, dengan alasan meningkatnya belanja militer dan kebutuhan akan inovasi
Presiden Rusia Vladimir Putin telah mengganti menteri pertahanannya Sergei Shoigu dengan seorang warga sipil, Andrey Belousov, dengan alasan meningkatnya belanja militer negaranya dan perlunya “inovasi.”

Shoigu telah “di bebastugaskan” dari jabatan Menteri Pertahanan melalui keputusan presiden dan di tunjuk sebagai Sekretaris Dewan Keamanan Rusia, kata juru bicara Kremlin Dmitry Peskov pada Minggu malam waktu setempat.

Shoigu juga akan menjadi wakil Putin di Komisi Industri-Militer Rusia, kata Peskov, sementara Nikolai Patrushev, Sekretaris Dewan Keamanan sebelumnya, akan “di pindahkan ke pekerjaan lain.”

Belousov, yang sebelumnya menjabat sebagai wakil perdana menteri pertama, adalah warga sipil.

Dia di pilih oleh Putin karena kebutuhan akan “inovasi,” kata Peskov dalam konferensi pers, di mana dia menyoroti peningkatan anggaran kementerian. Dengan mengatakan bahwa anggaran tersebut mendekati tingkat yang terakhir terlihat selama Perang Dingin.
“Hari ini di medan perang. Pemenangnya adalah mereka yang lebih terbuka terhadap inovasi,” kata Peskov.

Mengacu pada perang di Ukraina, Peskov mengatakan bahwa karena “keadaan geopolitik yang di ketahui, kita secara bertahap mendekati situasi pertengahan tahun 80-an ketika porsi pengeluaran untuk blok keamanan dalam perekonomian adalah 7,4%. Ini tidak penting, tapi sangat penting,” kata Peskov.

Putin mengganti menteri pertahanan Rusia

Putin mengganti menteri pertahanan Rusia

Anggaran saat ini berjumlah 6,7% PDB, katanya.

Peskov menyoroti pengalaman kepemimpinan dan latar belakang ekonomi Belousov sebelumnya.

“Ini bukan hanya warga sipil, tapi orang yang sangat sukses mengepalai Kementerian Pembangunan Ekonomi Rusia. Sudah lama menjadi ajudan presiden di bidang ekonomi. Dan juga wakil ketua pemerintahan pertama di masa lalu. kabinet menteri,” kata Peskov.

Peskov menambahkan bahwa penunjukan baru tersebut tidak menandakan adanya perubahan dalam sistem militer Rusia saat ini.

“Untuk komponen militer, penunjukan ini tidak akan mengubah sistem koordinat yang ada saat ini. Komponen militer selalu menjadi hak prerogatif Kepala Staf Umum [Valery Gerasimov]. Dan dia akan melanjutkan aktivitasnya. Saat ini tidak ada perubahan yang di perkirakan dalam hal ini,” katanya.

Dalam peran barunya, Shoigu akan mengawasi kompleks industri militer Rusia, kata Peskov.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *