Informasi Terbaru Biden mengatakan dia mengirim pesan ke Iran melalui serangan di Yaman, dan menyebut Houthi sebagai organisasi teroris

Informasi Terbaru Biden mengatakan dia mengirim pesan ke Iran melalui serangan di Yaman, dan menyebut Houthi sebagai organisasi teroris. Biden mengatakan dia mengirim pesan ke Iran melalui serangan di Yaman, dan menyebut Houthi sebagai organisasi teroris

Presiden Joe Biden mengatakan pada hari Jumat bahwa dia telah menyampaikan pesan ke Iran melalui serangan udara hari Kamis terhadap pemberontak Houthi di Yaman. Yang sekarang dia sebut sebagai kelompok teroris meskipun pemerintahannya mengambil keputusan pada tahun 2021 untuk mencabut label tersebut.

Informasi Terbaru “Saya sudah menyampaikan pesan tersebut ke Iran,” kata Biden ketika di tanya pesannya saat tur ke kedai kopi di Allentown, Pennsylvania. “Mereka tahu untuk tidak melakukan apa pun.”

Militer AS dan Inggris melancarkan serangan terhadap sasaran-sasaran Houthi di wilayah Yaman yang di kuasai Houthi pada hari Kamis, menandai respons yang signifikan setelah pemerintahan Biden dan sekutunya memperingatkan bahwa kelompok militan yang di dukung Iran akan menanggung konsekuensi serangannya terhadap pelayaran komersial di Yaman. Laut Merah.

Pasukan AS dan koalisi menyerang setidaknya 60 sasaran dengan lebih dari 150 amunisi berpemandu presisi di 28 lokasi militan Houthi yang di dukung Iran. Kata para pejabat militer. Aset Houthi termasuk pusat komando dan kendali, amunisi, depot, sistem peluncuran, fasilitas produksi, dan sistem radar pertahanan udara.

Serangan tersebut, yang telah di kutuk oleh beberapa pemimpin di Timur Tengah. Menewaskan lima orang dan melukai enam lainnya, menurut juru bicara militer pemberontak. Yahya Sare’e, yang mengatakan serangan tersebut tidak akan menghalangi serangan Houthi lebih lanjut terhadap pelayaran.

Ketika Biden di tanya apakah AS sedang melakukan perang proksi dengan Iran, dia menjawab, “Tidak. Iran tidak ingin berperang dengan kami.”

Presiden juga mengatakan dia yakin Houthi adalah “kelompok teroris,” sebuah sebutan yang di cabut pemerintahannya dari organisasi tersebut tetapi sedang mempertimbangkan untuk mengajukan permohonan kembali.

Informasi Terbaru Biden mengatakan dia mengirim pesan ke Iran melalui serangan di Yaman, dan menyebut Houthi sebagai organisasi teroris

“Saya rasa memang demikian,” kata Biden ketika di tanya apakah dia bersedia menyebut Houthi sebagai kelompok teroris.
Pada tahun 2021, pemerintahan Biden membatalkan keputusan 11 jam pemerintahan Trump yang menetapkan pemberontak Houthi di Yaman sebagai organisasi teroris asing.

Sebelumnya pada hari Jumat. Gedung Putih menegaskan kembali pihaknya sedang meninjau penetapan teror untuk Houthi.

John Kirby, juru bicara dewan keamanan nasional. Mengatakan belum ada keputusan yang di ambil dan tidak dapat memberikan batas waktu berapa lama peninjauan tersebut akan dilakukan.

Biden kemudian mengatakan bahwa “tidak relevan” jika pemerintahannya secara resmi menetapkan Houthi sebagai organisasi teroris karena AS dan negara-negara lain akan tetap merespons serangan mereka di Laut Merah.

Beberapa anggota Partai Demokrat mengatakan Biden seharusnya meminta persetujuan Kongres atas serangan tersebut. Presiden langsung menolak keberatan mereka.

“Mereka salah dan saya mengirimkannya pagi ini. Kapan pemogokan terjadi. Apa yang sebenarnya terjadi.” Katanya. Di Yaman. Konflik selama bertahun-tahun antara pasukan Houthi dan koalisi yang di dukung Saudi telah menjerumuskan penduduk ke dalam krisis kemanusiaan yang di tandai dengan kelaparan.

Kelompok Houthi mengatakan pemboman yang mereka lakukan menunjukkan solidaritas terhadap rakyat Palestina. Setelah Israel melancarkan kampanye militer tanpa henti di Gaza menyusul serangan teror Hamas pada 7 Oktober. “Saya rasa memang demikian,” kata Biden ketika di tanya apakah dia bersedia menyebut Houthi sebagai kelompok teroris.

Kelompok Houthi mengatakan mereka hanya akan mengalah jika Israel mengizinkan masuknya makanan dan obat-obatan ke Gaza. Serangannya dapat di maksudkan untuk menimbulkan kerugian ekonomi pada sekutu Israel dengan harapan mereka akan menekan negara tersebut untuk menghentikan serangan militernya.

Di Yaman. konflik selama bertahun-tahun antara pasukan Houthi dan koalisi yang di dukung Saudi telah menjerumuskan penduduk ke dalam krisis kemanusiaan yang di tandai dengan kelaparan. Kekacauan ekonomi, dan kemiskinan ekstrem.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *